Contoh Teks Eksplanasi yang Baik dan Benar, Pahami Syarat ini

Pernahkah anda membaca suatu artikel yang membicarakan tentang fenomena alam pertunjukan budaya maupun berita terkait penemuan sesuatu oleh ilmuwan? Itulah merupakan salah satu contoh dari teks eksplanasi. Akan tetapi tidak semua orang paham bagaimana cara membuat teks eksplanasi. Sehingga banyak yang mencari informasi contoh teks eksplanasi yang baik dan benar. Namun sebelum membahas lebih jauh, mungkin sebaiknya kita pahami dulu definisi dari teks eksplanasi itu sendiri.

Apa itu Teks Eksplanasi?

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang berisi tentang bagaimana serta mengapa suatu topik yang berkaitan terhadap fenomena alam sosial ilmu pengetahuan dan budaya yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Setiap kejadian yang dimuat dalam sebuah teks eksplanasi memiliki hubungan sebab dan akibat serta proses di dalamnya.

Sehingga tujuan dari teks eksplanasi ini sendiri yaitu untuk memberikan informasi yang jelas kepada pembaca agar bisa memahami tentang suatu fenomena yang terjadi. Topik fenomena tersebut juga bermacam-macam dan berupa fakta. Untuk membuat teks eksplanasi, Anda harus memenuhi struktur teks eksplanasi.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sendiri memiliki 3 struktur utama yang harus dipenuhi yaitu bagian pembuka, isi dan bagian penutup. Mari kita bahas satu-satu beserta contoh teks eksplanasi yang baik dan benar.

Baca juga : Plugin WordPress yang Wajib Dipasang agar Disenangi Google dan Bisa Muncul di Halaman Awal

  • Bagian Pembuka

Pada bagian ini berisi pernyataan umum dari si penulis terkait topik yang akan diangkat pada teks eksplanasi tersebut. Di mana di bagian pembuka ini akan menjabarkan tentang Dimana terjadinya serta Bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa. Akan lebih mudah dipahami, berikut contoh bagian pembuka teks eksplanasi:

“Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. Layaknya seperti sebuah penyakit yang sudah kronis menyerang negara ini. Sudah banyak penanggulangan untuk mengatasi pengangguran, namun masalah ini tak kunjung tuntas”…

  • Bagian Isi

Untuk bagian isi ini merupakan bagian tentang urutan sebab akibat beserta penjelasan dari topik yang sudah diangkat. Sehingga pada bagian ini berisi uraian secara detail dan disajikan secara bertahap dari awal hingga akhir.  Mungkin sedikit contoh teks eksplanasi bagian isi berikut ini bisa menjadi gambaran untuk anda:

“Fenomena pengangguran di Indonesia terjadi karena banyak faktor, mulai dari pertumbuhan ekonomi yang sangat kecil dibandingkan jumlah pencari kerja setiap tahunnya hingga kemampuan pencari kerja yang tidak sesuai dengan permintaan bursa kerja. Terlebih tingkat pendidikan di Indonesia juga masih sangat rendah, sehingga menambah parah kasus pengangguran di Indonesia.”…

  • Bagian Penutup

Struktur yang ketiga adalah bagian penutup. Bagian penutup ini berisi tentang interpretasi atau kesimpulan dari seluruh teks terkait topik yang diangkat. Berikut sedikit contoh bagian penutup teks eksplanasi.

“Pengangguran memang masih menjadi fenomena yang sulit untuk diatasi secara tuntas, namun bukan berarti tidak dapat dicarikan solusi untuk mengurangi keberadaannya. Sehingga salah satu langkah yang bisa mengatasi fenomena tersebut yaitu melalui serapan lapangan pekerjaan yang harus diperbaiki.

Nah demikian itulah sedikit contoh teks eksplanasi yang baik dan benar serta beberapa syarat yang harus terpenuhi dalam sebuah teks eksplanasi. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi https://www.dosenpendidikan.com/