5 Tips Memilih Domain Blog Sebelum Kalian Membeli

kolombloggratis.org РNgomong-ngomong  soal tips tentu saja kita bicara tentang petimbangan yang seharus dipikirkan saat akan membeli domain, yang utama pada saat pemilihan suku kata juga katanya. Sebaiknya mempertimbangkan pada dua sasaran pengunjungnya, adalah manusia dan mesin pencari. Sudah tentu masing-masing mempunyai ketertarikan yang berbeda ketika memutuskan apakah mengunjungi atau tidak pada sebuah blog, berikut beberapa alasannya:

  1. SEO Friendly

SEO friendly artinya ketika kalian memilih nama untuk blog kalian sebisa mungkin dipertimbangkan pengaruh kepada mesin pencari, seperti Google. domain dianggap bagus dan cepat terindeks yaitu yang didalamnya mengandung kata kunci. Selain itu, ada trik baru yang sudah berkembang pada tahun 2015-2016 dimana TLD lokal lebih diunggulkan, yaitu yang berakhiran .co.id, .web.id, .or.id dan lain sebagainya. Untuk harga tahunannya juga terbilang lebih murah.

  1. Namanya Singkat

Apabila kalian dapat memiliki nama domain sesuai dengan tema web kalian dan hanya terdapat satu kata saja maka akan begitu sangat bagus sekali, misal ingin buat tema travel lalu kemudian beruntung dapat beli www.travel.com maka dapat dipastikan sangat mudah diingat orang tanpa perlu diketikkan pada mesin pencari orang akan langsung mengakses lewat browser.

  1. Mudah diingat dan familiar

Buatlah nama domain yang simple dan sering diucapkan orang supaya mudah memiliki banyak kunjungan per harinya, dan memiliki tujuan supaya mudah terkenal tanpa perlu mengiklankan Google dalam membantu trafiknya.

  1. Gunakan ekstensi domain yang pas

Di antaranya .id, .com, .net, .org, .info, .name, .us, .biz, dan sebagainya, atau bisa juga dengan yang lebih baru seperti .club, .gratis, .co, .top, .center, .city, .click,  .cool, .email dan lain sebagainnya. Akan lebih baik apabila antara tema dan juga ekstensinya sesuai, bicara soal bisnis maka baiknya pakai .com, apabila organisasi maka baiknya .org, Dan apabila mau buat grup jaringan bagusnya .net dan sebagainya. Ini memiliki fungsi supaya orang yang pertama kali melihat alamat domainnya dapat langsung tahu temanya sebelum mengakses blognya yang tentunya dapat membantu meningkatan trafiknya.

  1. Menyertakan merek atau identitas pribadi

Terkadang orang yang akan mencari suatu web dengan tema relevan di Google mereka sering mengetikkan kata kunci yang berkaitan, misal akan mencari soal property mungkin akan banyak orang mengetik nama orang yang sudah mereka anggap berpengalaman seperti Ciputra, Cipto Junaedy dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, ketika kita menyertakan kedalam rangkaian kata domainnya maka secara otomatis akan mudah tampil di page utama google.

Itulah 5 Tips Memilih Domain Blog Sebelum Kalian Membeli, semoga artikel ini bermanfaat ya!!

 

Baca juga : Pengertian Blog, Fungsi, Sejarah, dan Cara Membuat Blog